Peresmian Gedung Multimedia’88 dari Alumni SMANSA’88

BANDUNG, DISDIK JABAR – Demi menunjang pembelajaran di era revolusi industri 4.0 saat ini, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bandung meresmikan Ruang Multimedia 88. Peresmian dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika di Kampus SMAN 1 Bandung, Jln. Ir. H. Juanda No. 93, Kota Bandung, Rabu (29/1/2020).

Kadisdik menegaskan, sekolah harus berperan untuk bisa mengantarkan siswa menghadapi perubahan zaman. Dengan adanya ruangan multimedia ini, diharapkan siswa mampu memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas tersebut. “Kita harus pandai melihat situasi. Ada banyak pekerjaan yang telah terdisrupsi. Sekolah harus membekali siswa agar ketika lulus nanti, mereka sudah memiliki kompetensi,” tuturnya.

Kadisdik pun mengapresiasi seluruh guru dan tenaga pendidik yang ada di SMAN 1 Bandung, tak terkecuali komite dan pengawas sekolah. “Semua harus sama-sama mendorong peserta didik untuk menjadikan SMA yang bermutu dan terbaik bagi Jabar,” ucapnya.

Ia pun mengajak seluruh sekolah di Jabar untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan di lingkungannya. Baik dengan mempertahankan prestasi yang telah diraih maupun membuat program inovatif.

Wakil Kepala SMAN 1 Bandung Bidang Kurikulum, Rikki Mochamad Ramdhani menjelaskan, ruang multimedia tersebut bisa digunakan berbagai kegiatan. Mulai dari pelatihan, diskusi penelitian hingga lokakarya guru.

Pada pelatihan, tambahnya, siswa akan belajar mengenai augmanted reality, virtual reality, edugames, big data, dan internet of things. Sedangkan di bidang penelitian, siswa bisa mendalami tematik sains, sosial, umum, dan kewirausahaan.

Di bidang lokakarya, lanjutnya, guru bisa memanfaatkan ruangan tersebut untuk assessment dalam pendidikan dan penerapan sistem kredit semester yang telah digagas sekolah.  

Selain meresmikan ruang multimedia, Kadisdik juga meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al-Ma’mur SMAN 1 Bandung. Selain Kadisdik, acara ini pun dihadiri Kepala Seksi Pelayanan Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Jajat Sudrajat, Ketua Komite dan Pengawas SMAN 1 Bandung serta alumni angkatan 1988. Salah satunya, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.***

Sumber: http://disdik.jabarprov.go.id/news/1923/bekali-siswa-hadapi-kemajuan-teknologi%2C-sman-1-bandung-resmikan-ruang-multimedia